Sabtu, 05 Februari 2011

“Pentingnya Memahami Hari Ini, Tapi Hidup Bukan Hanya Hari Ini”

Segala hal yang kita jalani dari hari ke hari, mungkin kita bisa menyebutnya sebagai hari yang istimewa. Tapi semua itu tidak akan istimewa kalau tidak ada hari ini.

Ada kata bijak yang mengungkapakan: “Jangan pernah menoleh kebelakang, Jangan pula mencemaskan hari esok, Jalani saja hari ini sebaik-baiknya karena hari ini adalah kenyataan”. Ungkapan ini ada benarnya juga, bayangkan saja ketika kita bangun tidur pasti kita merasakan hari sudah berganti nama, saat itulah kenyataan mulai kita sadari bahwa kita harus menjalani hidup untuk hari ini, sebaliknya “Esok” belum tentu kita bisa merasakannnya. Karena adanya hari ini juga sangat menentukan hidup untuk hari esok.

Hari ini pasti akan menghasilkan kejadian-kejadian penting, bahkan mungkin kejadian baru yang tidak pernah kita sangka sebelumnya. Betapa pentingnya orang-orang yang menyayangi kita, waktu yang mungkin terbuang sia-sia, berapa banyak ilmu yang kita dapatkan, berapa banyak kebaikan yang kita lakukan dan sebagainya yang terjadi hari ini. Itu semua adalah hal yang pasti terjadi dalam hidup kita setiap hari dan mungkin ada keistimewaan yang mungkin tanpa kita sadari telah terjadi didalamnya. Jadi kalau kita bisa memanfaatkan hari ini sebaik-baiknya pasti akan membuahkan hasil di masa yang akan datang, walaupun terkadang jauh dari harapan tetapi setidaknya kita sudah berusaha di hari ini.

Akan tetapi, hidup memang bukan hanya hari ini. Besok matahari akan terbit menandai datangnya hari baru, tantangan baru dan kebahagiaan yang baru pula. Dan dibalik hari esok, masih ada hidup yang tanpa akhir dan tanpa batas yaitu kehidupan akhirat. Dimana ada kehidupan surga dan neraka didalamnya. Kehidupan hari akhir itulah yang menjadi harapan kita. Karena disana, kita akan mendapatkan segala hal yang kita inginkan. Dan pastinya harus kita persiapkan mulai hari ini untuk bisa menjalani kehidupan akhir itu.

Ada beberapa cara untuk mengistimewakan hari ini, karena apa yang kita lakukan hari ini adalah dasar kesuksesan kita dimasa yang akan datang dan kalau ingin sukses, kita perlu mengatur apa yang akan dilakukan dihari-hari selanjutnya, tentu saja sesuai dengan impian dan harapan yang diimbangi dengan do’a, usaha serta kemampuan kita:

• Tentukan impian
Hari ini adalah saat-saat yang tepat untuk menentukan cita-cita atau impian yang kita inginkan dihari esok
• Buat komitmen
Apa saja yang akan kita lakukan untuk mendukung dan mewujudkan cita-cita itu
• Tentukan target
Semua orang pasti memiliki target berbeda-beda tergantung seberapa besar kemampuan masing-masing
• Ambil langkah
Nah, kalau kita sudah menyusun rencana-rencana diatas.
Maka hari inilah kita yang mengatur diri dan mengambil langkah-langkah apa yang diperlukan.
Kita sebagai manusia hanya bisa berusaha dan berdo’a, sedang ALLAH SWT lah yang menentukan apa yang terjadi nanti.

“Keabadian didalam dirimu adalah kesadaran akan kehidupan yang abadi, dan mengetahui bahwa kemarin hanyalah kenangan hari ini dan esok hari adalah harapan.” (Kahlil Gibran)

By: V3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar